Posted by: mas gagah | September 6, 2007

Permasalahan instal ulang OS pada laptop

Pernahkah anda mengalamai masalah dengan laptop atau komputer anda ? Pernah atau belom kah anda mengalaminya namun rasanya sangat perlu untuk membaca pengalaman trouble shooting notebook ini, karna mungkin suatu saat masalah ini juga akan menimpa laptop ataupun komputer anda.., Seorang temen saya mempunyai pengalaman pahit gara-gara ulah laptopnya yang ga’ mau detec hardisknya, laptaop itu ber merek Dell dan tidak mempunyai cdrom, cd-Rw apalagi dvd sebagai media pembaca cd yang biasanya digunakamn untuk install ulang sitem operasi, sehingga untuk menginstall ulangnya harus menggunkan conektor IDE hardisk untuk bisa di coneckin ke Pc,sehingga untuk mengintall ulang membutuhkan waktu yang lama dan ribet,karna harus bongkar pasang hardisk laptop tsb, so install ulang adalah jalan akhir yang sangat di takuti layaknya takutnya seseorang putus cinta hehe.., namun apa yang selama ini di takuti akhirnya datang menyapanya, itu di sebabkan karna virus ganas yang selama ini makin berkembang seperti Brontok, flu burung, kspoold dan masih banyak lagi. Dengan usaha bermoadalkan keberanian untuk meminjam conektor IDE hardisk ketemen, akhirnya hardisk tadi di conekin ke pc untuk di install ulang windows xp, namun apa yang terjadi..? walaupun telah sukses di install ulang di pc tapi setelah di pasang ke notebook kembali hardisk tidak di kenali ” please insert disk” setiap kali di hidupkan laptop, sedih banget rasanya penuturannya kepadaku karna tau sendiri lah kantong maha siswa ndeso.., karna waktu itu aku lagi banyak kerjaan maka kusarankan untuk di perbaiki ke bengkel komputer,Namun setelah dua minggu di bengkel hasilnya pun tetep nihil alias laptop jg belom jg bisa bener malahan di vonis buat di kirim kejakarta untuk memperbaikinya dan itu mungkin akan membutuhkan biaya yang mahal,karna tidak mau dengan ongkos yang mahal terpaksa walaupun masih belom baik laptop di bawa pulang untuk di musiumkan,mendengar pengaduan ini aku jadi tertantang untuk menggarapnya, dan akhirnya hanya dengan waktu kurang lebih 3 jam laptop itu kembali baik dan normal seperti semula, trus pake imu apaantuh kok sampai bisa begitu..? pengentau rahasianya..? okedeh.., saya mulai dengan basmalah trus install laptop dengan win 98, upgrade dengan Winme ( windows milenium), upgrade lagi dengan windows xp dan akhiri dengan alhamdulillah, hanya dengan 5 langkah itulah laptop tadi kembali baik. trus apa bedanya dengan mereka sebelumnya..? mereka langsung saja meng-install dengan windows xp sehingga ketika hardisk di pasang lagi ke laptop, hardisk tidak ter deteksi.

Memories my friend , aris susilo.

Responses

  1. assalamualaikum. Minta tolong ni pak, saya beli lattop yang pakai bahsa japan, namun setelah diinstal ke bahasa inggris suaranya hilang. mohon trik nya pak tuk mengatasi masalah saya. kalau bisa kirimin lewat email. minta tolong yang sebesar2nya. sebelumnyasaya haturkanterima kasih wassalamualikum.

  2. Cek & Ricek kembali driver soundnya …

  3. konsul nih. saya punya laptop pentium3 . CD romnya eksternal, model connect via USB. tidak ada floppy disk. ingin install win XP. gimana caranya? saya coba booting masuk bios, pilihan booting lewat CD gak bisa, mungkin gara2 cdrom pakai eksternal?
    THXardhi

  4. hardisk yang baek!!!!!

  5. wah kayaknya menarik ya?
    mohon petunjuk dunk
    nih aku mw nany kok laptopku muncul “anda adlah korban meniru software windows, silahkan kunjungi WGA kami”
    saya punya CD asli windows
    cara instal ulangnya gmn ya?
    laptop merk lenovo ideapad
    gmn cara instal yang baru, trus ngilangin yang lama
    terima kasih
    ditunggu

  6. mas. mau tanya..
    laptop saya sekarang gak tau kenapa,
    1. task manager nya gak bisa dibuka, mucul coment “task manager has been disabled by your administrator”
    2. tiap masuk aplikasi, game, media player dia keluar sendiri muncul coment suruh milih “send report” sama “don’t send”, habis itu keluar dari aplikasi..
    tolong bantu masalah saya ini, terima kasih..

  7. Ass.WR
    halo mas nanang, salam kenal saya edo
    mau tanya nie??
    saya mau install windows pada laptop,
    1. virus sudah saya bersihkan
    2. kenapa waktu saya install laptop, belum selesai muncul perintah korup n press key to continue???
    3. kondisi cd rom / cd boot laptop saya tidak ada masalah.
    terima kasih banyak atas jawabannya.

  8. assalammu’alaikum..
    dina punya problem neh
    laptop g bisa diinstal ulang danCD OS Windows XP nya g booting….. gimana yha?


Leave a Reply

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

