Posted by: mas gagah | August 29, 2007

Memulai belajar jaringan

Teringat saat pertamakali memandang anggun wajahmu aku tertegun dan bertanya dalam hati, “dari mana harus mengenalimu ? bagaimana supaya aku bisa dekat denganmu ? dan bagaimana supaya engkau mencintaiku dan menerima hadirku apa adanya” itulah kata -kata yang ter ungkap dan isi hati para pecinta wanita yang lagi jatuh cinta, wah begitu romanties.., namun sayang kali ini saya tidak akan membahas tentang cinta yang buta dan cinta yang bisa membuat kita terjerumus jika kita tidak bisa me manage nya, namun kali ini saya akan mengajak saudara bagaimana caranya berkenalan yang menyenangkan dengan dunia networking , kenapa saya katakan itu perkenalan yang menyanagkan? karna apabila kita sudah memulai(berkenalan) dengan sesuatu secara benar untuk jalan selanjutnya pun pasti menjadi sangat mudah dan memuaskan, toh walaupun begitu Buat para pemula dalam dunia networking kata hati sang pecinta diatas tadi bisa kita ambil untuk bertanya, dari mana sebenarnya saya harus memulai belajar atau istilahnya berkenalan dengan dunia networking supaya nanti bisa dengan mudah menguasainya ? dan dari sedikit pengalaman yang saya peroleh ataupun dari para administrator jaringan ternyata untuk memulai belajar networking itu:

“sebaiknya kita harus paham dengan IP address dan Subnet mask terlebih dahulu”.
karna di situlah awal segala galanya di dunia jaringan

Untuk memperoleh kepahaman mengenai ip address dan subnet mask ada beberapa referensi online yang sangat mudah untuk di pelajari dan di pahami, untuk itu kalau pembaca tertarik untuk belajar dan memulai berkenalan dengan Networking dapat langsung megunjungi situs ini:

http://romisatriawahono.net/2006/02/10/memahami-konsep-subnetting-dengan-mudah/

http://www.ilkom.unsri.ac.id/data/materi2/dosen/deris/IP%20Address.pdf

Sekarang Saya sudah memperkenalkan anda dengan si Dia ( dunia networking ) dan selanjutnya itu terserah anda…


Responses

  1. assalamua’laikum…
    Nan6 pengantarnya selangit, eh tau-taunya dikasih alamat situsnya aja, tapi ga papa, dari kata pengantarnya orang dah tertarik sapa tau selanjutnya nambah orang bikin penasaran. Keep Spiritlah
    Wassalam

  2. Pancen sip Mas Nanang. Biar cuman link aja tetep membuat org klik ke sono juga.. wekekekek…
    Tetap posting Mas, biar aku terus belajar….
    Ayo belajar lageee….

  3. ms…mau minta tlg nih
    sy pengen bgt bljar jaringan tp sy msh bingung tahap2an apa aja yg hrs sy plajari, sy msh buta dng tentang jaringan baik yg berbasis windows maupn linuk, tlg koment nya di email sy aja ya ms skalian kirim tutorialnya skalian yah
    please

  4. sebelumnya saya beritahukan kalau saya masih baru dalam jaringan. saya mau tanya, apa maksudnya tanda “/” di akhir alamat jaringan? trims bantuannya

  5. mas….mau nanya ni aku baru mau belajar mikronik tp aku sudah pernah install tp tak tau cara setting jaringannya, settinggan yang paling gampang untuk menjadikannya router gimana ya, trimakasih

  6. gimana sich cara membuat jaringan untuk pemula?


Leave a Reply

Categories

