Posted by: mas gagah | June 2, 2007

Topologi dan konfigurasi PC router MikroTik untuk load balancing

Topologi

Menggunakan 3 etrernet card

ether1 ==> wireless
ether2 ==> speedy
ethet3 ==> Lan

mikrotik command:
/ip address add address 202.152.74.1/32 interface ether1
/ip address add address 192.168.1.2/32 interface ether2
/ip address add address 192.168.10.1/24 interface ether3

Membagi Ip menjadi 2 Group

add chain=prerouting action=mark-connection src-address 192.168.10.0/25 new-routing-mark= Group-A
add chain=prerouting action=mark-connection src-address 192.168.10.128/25 new-routing-mark=Group-B

Default gw masing-masing Group

Group-A=192.168.10.0/25 default gw 192.168.1.1

Group-B=192.168.10.128/25 default gw 202.152.74.128

mikrotik command:

/ip route add gateway=192.168.1.1 routing-mark=Group-A
/ip route add gateway=202.152.74.128 routing-mark=Group-B

Nat ip local

192.168.10.0/24 ==>masquerade

mikrotik command:
/ip firewall nat add chain=srcnat src-address 192.168.10.0/24 action=masquerade

Selamat mencoba dan Semoga sukses….

Jika masih ada pertanyaan silahkan Pv lewat ym dengan id mas_nanan6@yahoo.com


Responses

  1. Kemaren ada pesan ofline di ym saya, tanya tentang penggunaan dua akses speedy trus nanya gimana cara setingannya..? saya jawab di sini aja ya mas masalahnya pas saya online mas dah off , itu sieh gak jauh2 beda setingnnya mas, tinngal kita seting di modem speedy nya aja mas, kl modem yag pertama kita kasih ip 192.168.1.1 buat modem yg kedua kita kasih 192.168.2.1 itu suka2 mas aja..:) dan setinagnya sama cuma tinggal ganti2 ip aja dari apa yg sudah saya contohkan. semoga membantu…

  2. Kalo boleh tau konsep load balancingnya yang mana ya, karena ini kan hanya masalah routing saja dengan adanya group routing seperti diatas, jujur jadi bingung banget antara judul sama isi…

  3. hehehhe..just asking if u were really understand about this concept or not😀 kalo yang lengkap ambil aja dari wiki…cuman ya emang always ada kelemahannya…mendingan pake linux deh😀

  4. Salam,
    Mas numpang nanya lagi donk…. Maaf kalo kebanyakan
    Aku punya topologi seperti pada gambar yang aku sertain..
    Jadinya tempat kerja aku akan gunain dua buah backbone dengan teknologiyang berbeda. Yang satu dengan Sistem SCPC dan yang satu lagi SistemTDMA.
    Saya menggunakan satu buah PC Router (MikroTik RouterOS) untuk melayani client kedua Sistem tersebut.
    Di Tower kami menggunakan dua buah RB-112 untuk melayani client. DitiapInterface (seperti pada gambar) saya menggunakan multiple IP pada tiapinterface.
    Yang ingin saya tanyakan adalah :
    1. Bagaimana agar Client yang menggunakan IP Subnet tertentu misalnya192.168.5.0/24 otomatis akan menggunakan Sistem SCPC begitu juga untukTDMA? Bagaimana routingnya ?
    2. Apakah topologi ini terlalu “Rame” ? Bisa disederhanain lagi ga ?
    3. Apa ada saran dari Mas tentang topologi kami ?

  5. Ass wr wb,
    salam kenal nama saya jho, mas kayaknya ada yang tertinggal deh…., setingan dari masing-masing DNS gimana yaitu DNS dari Ethernet1 dan Ethrnet2

  6. iya yah dns ketinggalan ya , kita tambahin aja di ip dns di roter mikrotik nya

    command di mikrotik

    /ip dns set primary-dns=202.152.0.2 allow-remote-requests=yes <—– dns isp
    /ip dns set secondary-dns=202.134.0.155 allow-remote-requests=yes <—- dns speedy

    thank’s atas partisipasinya mas

  7. mo nanya stlah itu disisi client gatewaynya ke 192.168.10.1??

    dns primarynya n secondarynya masih perlu di tulis lagi gak di client??

  8. iya mas di sisi client gateway nya tetep ke ether bawah router contohnyq aja 192.168.10.1 sedangkan yg beda itu gateway router sesuaikan dengan pembagian grop nya.. kl dns di sisi client isi aja ip gw yg 192.168.10.1 itu mas, mudah2an sukses ya….

  9. klo load balancing yg bapak tulis diatas gak bisa deteksi failover dong yah? klo salah satu gateway mate ada salah satu group yg mati. misalnya speedy mati maka group A juga mati dong? jadi cuman pembagian routing doang,,gk bener2x loadbalancing dgn failover detection..

    thx

  10. Buat script untuk melakukan cek gw dengan tools netwatch supaya automatis backup atau file over

    mikrotik command:

    /system script add name=check-gw source={
    :local R1
    :local R2
    :if ([/tool netwatch get R1 status]=up) do={:set R1 202.152.74.128}
    :if ([/tool netwatch get R2 status]=up) do={:set R2 192.168.1.1}
    /ip route set [/ip route find dst-address=0.0.0.0/0] \
    gateway=($R1 . , . $R2)
    }
    /tool netwatch add comment=R1 host=202.152.74.128 interval=5s up-script=check-gw \
    down-script=check-gw
    /tool netwatch add comment=R2 host= 192.168.1.1 interval=5s up-script=check-gw \
    down-script=check-gw

  11. kasus: saya ingin membuat 2 ip jadi ip private, ip1 dari lintas arta dengan sambungan VPN dgn ip 15.127.11.1, sdgkan ip2 dari astinet ip.222.124.188.201 sebagai gateway, ip3 lan 192.168.1.1, mohon petunjuknya….
    ket:saat ini saya punya 5 cabang yg memakai VPN, tanpa sambungan internet,

  12. saya punya pc router(mikrotik) dengan speedy dan intikom (jd 2 ISP).utk sementara ini kita pake dua pc router 1 utk intikom dan 1 lagi utk speedy.tp nanti akhir bulan intikom akan diputus dan speedy tetap dipakai.
    saya mau tanya di modem speedy ada ip local 192.168.1.1 dan sedangkan ip local client 192.168.0.1 trus ip public yang ada di modem speedy 125.161.xxx.xxx trus default gateway yg dimodem 125.160.x.xx. utk internet di mikrotik saya pasang(ether1) ip 192.168.1.1 atau 125.161.xxx.xxx trus utk email server apa saya harus minta ip public dari telkom?
    mohon pencerahannya terimakasih……..

  13. dari komentar yang saya baca memang ini belum bisa dikatakan load balance(cuman pemisahan jalur aja), tapi kalau secara harfiah bisa dibenarkan.
    Sekarang bagaimana kalau bandwidth dari 2 jalur tesebut dapat digunakan secara bersamaan oleh semua client, tanpa membaginya kedalam group! Apakah penggunaan seperti yang akan dijawab itu efektif untuk memaksimalkan penggunaan bandwidth di kedua sisi?

  14. Maslah saya mirip nih dengan mas Indramgl, jadi ceritanya di tempat sy bekerja ada dua koneksi speedy, dan ada 4 LAN katakanlah LAN1,LAN2,LAN3 dan LAN4, saya ingin LAN1&LAN2 memakai koneksi dari speedy 1 dan LAn3&Lan4 dari koneksi Speedy2. bagaiman ya settingannya jika hanya menggunakan 1 buah PC Router (Mikrotik OS)
    Thx.

  15. Kalau buat menggabungkan bandwith di mikrotik tanpa pembagian gruop seperti yang ditanyakan mas indramgl itu saya malah belom pernah mencobanya karna emang kayaknya tidak bisa atau mkn saya yg belom tau caranya So kalau ada yg bisa boleh dunk kasih masukan, Solusi yang pernah saya lakukan Untuk pengadukan atau penggabungannya tanpa group yaitu dengan menggunakan load balance box keluaran prolink http://www.prolink.co.id/products/mh8021.htm setelah conecksi masuk keradio box prolink tsb maka ada satu output yang akan kita masukkan ke router mikrotik, jika anda mengambil 2 paket paket office speedy 384kbps + 384kbps maka output yg akan masuk ke roter mikrotik tadi telah di gabungkan menjadi 768 kbps.

  16. Kalau WISP punya dua IP DNS terus Speedy punya dua IP DNS, gimana setnya/scriptnya supaya DNS bisa lari ke yang stabil apabila DNS lainnya bermasalah, (menggunakan scripting diubah secara periodik tertentu atau bisa juga menggunakan scripting untuk medeteksi mana yang mati lalu diganti dengan yang masih available)

  17. ass…
    leh gabung all prenn

    aku ada masalah neyh tentang banwith di kantor ku..
    bagaimana cara mendeteksi banwith per PC
    dg OS Windows, Wah sbg admin client ku banyak yg resekk neyh pake makan banwith yg laen g kebagian
    kasih solusi dunk
    cara deteksi banwith per PC
    pake apa yaaa ??
    Pleaseeeeeeeeeeeeeeee !!!!

  18. kl Bandwith managemen buat di Server yang os nya windows coba aja pake softperfect bandwith manager mas, di sini liat refererensinya http://www.yogyafree.net/forum2/viewtopic.php?p=45924&sid

  19. untuk mas teguh solusinya bisa pake mikrotik koq, dengan mikrotik bandwidth per client bisa diatur.

    tuk mas diqie,keep on blogging!bagus bgt blognya mas!

  20. Masalah saya jg hampir sama…
    Koneksi menggunakan Speedy dengan Mikrotik sbg routernya dan sampai sekarang masih berjalan lancar.
    Kmarin ini saya memasang tambahan koneksi wireless. Yang saya inginkan adalah, pada saat koneksi dari kedua ISP normal, menggunakan koneksi dari keduanya. Dan apabila salah satu down maka yang satu lagi akan menggantikannya begitu juga sebaliknya. Tanpa menggunakan pembagian group seperti diatas.

  21. mas mo tanya neh, sudah 2 hari ini saya load balancing antara wireles vs speedy, sudah bisa konek tetapi punya masalah pada browsing kadang cannot displayed, untuk ym sering diskonek, dan untuk msn engga bisa, dari msn messenger ada pesan begini you would like to xxxx mobile device dan kadang trouble shoute kira2 solusinya apa yah?

  22. mas pake proxy ga.? kl pake proxy coba proxynya didisablekan aja dulu, biasanya itu masalahnya di proxynya…

  23. He he OK Mas trims infonya jadi lebih cerah lagi nich😀

  24. mas leh minta id yahoo mas….buat sharing mas
    trims (mail aja di mail ku ya mass id yahoo mas) wassalam

  25. ISP.1=512
    ISP.2=256
    logikanya kita bisa balanacing ke 512+256= sekitar 768 kbbs geto

    yang saya tanyakan gimana mas cara balancing seperti itu dengan di mixing ama failover dan teknik bounding.

    ke dua:
    giman cara pemisahan routing umpama bila kita download pakek koneksi ISP.1 tapi klo browsing IIX pakek koneksi ISP.2

    mohon pencerahannya
    trims mas

    mail –> veddy0609@lycos.com
    yahoo –> ak47_root@yahoo.com

  26. mas saya punya warnet, dan saya share kerumah menggunakan mikrotik p2p, setelah konek kok bikin billing di warnet saya error ya, di client conektionya mati semua bila ada user yang sedang pake dan mau di logout mereka tidak mau logout dari client karena billingya error. sedang bila user mau masuk juga gak bisa karena posisi client di billing tidak aktif, mohon pencerahannya, makasih

  27. Saya baru mengenal mikrotik, nad penguncaranya
    menggunakannya…gmn dari dasar mohon refresinya..

  28. mas, mo tanya neh.
    kalo system load balancing mikrotik. misal mikrotik-nya cuman di kasih 2 LAN card. asumsinya 1 kearah client dan yang satunya ke arah 2 wireless ISP, bisa ga ya? tyus bagaimana nyetingnya? mohon pencerahan. terimakasih sebelumnya.

  29. Kalo gabungin kedua backbone jadi satu gimana mas ? dengan kata lain fail over speedy bukan sebagai backup. Kurang jelas nih penjelasannya di atas apakah itu fail over yang mana salah satunya backbone backup.

    nah saya mau kedua access wireles sama speedy jadi satu! bisa gak yah …!!

    please helpme replay ke emailku please

    gun@nst.web.id

  30. om numpang tanya… kalau speedynya personal kan DHCP.., ip nya kan rubah2 trs…, lalu setting nya gmn omm, DNS nya jg yah…. thank bgt….

  31. mass…..
    bisa dibantu gak neh para master2 semuanya…
    sy punya masalah neh….
    sy lagi belajar mikrotik….
    trus sy sekarang lagi buat load balance…
    jadi sy punya 2 jaringan speedy dan dua modem dgn IP 192.168.0.2 (Gw 192.168.0.1) dan 1 lagi 192.168.1.1 (gw 192.168.1.1) yang dengan menggunakan 1 router mikrotik (192.168.11.55)
    semua yang mas buat dalam tutorial sudah sy ikuti dan sy juga telah buat cek gw dengan net watch…
    tapi setelah sy cek sengan winbox
    modem 2 sy tidak melakuan aktifitas apa pun walau pun dalam ke adaaan ful di modem 1…
    mohon pencerahanya mas….
    maklum masih new bee di mikrotik…..

  32. halo mas..
    ikutan nanya ni ya. Klo saya justru gini…punya 2 isp yaitu speedy dan wireless. Dan rencana PC Routernya memakai 3 ethernet. Cuma yg dr wireless itu ada 2 ip public. Satu buat IIX dan yang satu buat Internet.Nah..speedy nya buat internet juga.Terus saya rencana mau pakai mikrotik.Kira2 config nya bgaiaman ya mas..? Saya ingin dua2nya jalan.Jadi eth1 ==> Speedy, eth2===> wireless, eth3====> lokal-lan.Maaf ya mas new bie juga ini. Makasih.

    hary_gh@yahoo.co.id

  33. wahhh.bingung aku:(

  34. Gw setuju sama bung cose. Ini bukan load balancing, tapi lebih ke masalah routing biasa. Kalo istilah umumnya adalah load sharing. Pada load sharing trafik tertentu diarahkan ke jalur tertentu sedangkan pada load balancing trafik otomatis akan terarah ke jalur jalur yang tersedia.

  35. apa saja yabg harus disiapkan untuk membuka warnet hotspot?

  36. add chain=prerouting action=mark-connection src-address 192.168.10.0/25 new-routing-mark= Group-A
    add chain=prerouting action=mark-connection src-address 192.168.10.128/25 new-routing-mark=Group-B >>> mending klo masih bingung beda judul sama isinya, gw masih bingung ini… mark connection kok isinya routing mark… ^^. koreksi…

  37. mas gimana jika modem speedynya 2 buah dan modem dioanggil dari mikrotik tuh pakai pppoe gimana caranya

  38. Mas,

    kl kasusnya spt ini, misalnya traffic di ISP sdh penuh trs bisa otomatis pindah ke link ISP lainnya gmn mas…

    bisa ndak ya

  39. yoi .. klo menurut aq juga kurang pas klo di sebut load balancing. klo logika saya sih klo load balancing adalah bagaimana menggunakan bw internet1=384 internet2=384 internet3=384 menjadi 3 X 384 …

  40. Sama nih masalah yg sy dpt
    dengan menggunakan 2 line spedy
    yg mana dua line tersebut menggunakan ip gateway dan dns yg sama, nih temen minta tolong setting server mikrotik yg statusnya kek gitu
    tp sy rada binun ngatur nya.
    apa ngk bingung nantinya pc client mau konek ke mana🙂

  41. Saya mau nanya kalo di windows gimana kalo rencana pake Speedy ama HSDPA Router Modem. Semalam saya sama tmn di lintas arta setting mikrotik tp cuman untuk hospot tapi masih bingun. Kalo ngak salah dia make virtual PC Microsoft untuk instal mikrotiknya lantas untuk settingannya apa seperti yang anda jelaskan di atas?
    Sebagai tambahan saya pake untuk warnet dan pc clientnya pake PC Station.

    Mohon penjelasannya.

    Thanks

  42. Pak,.. scriptnya saya edit sedikit ya …

    Hasil editan —>

    —> script untuk membuat “Script” Load balancer dan failover :

    /system script add name=check-gw source={
    :local R1 “”
    :local R2 “”
    :local R3 “”
    :if ([/tool netwatch get R1 status]=up) do={:set R1 10.5.0.xxx}
    :if ([/tool netwatch get R2 status]=up) do={:set R2 10.5.32.xxx}
    :if ([/tool netwatch get R2 status]=up) do={:set R3 10.5.1.xxx}

    /ip route set [/ip route find dst-address=0.0.0.0/0] \
    gateway=($R1 . , . $R2 . , . $R3)
    }

    —> Script untuk membuat netwatch pendeteksi failover :

    /tool netwatch add comment=R1 host=10.5.0.xxx interval=5s up-script=check-gw \
    down-script=check-gw
    /tool netwatch add comment=R2 host= 10.5.32.xxx interval=5s up-script=check-gw \
    down-script=check-gw
    /tool netwatch add comment=R3 host= 10.5.1.xxx interval=5s up-script=check-gw \
    down-script=check-gw

    —> Perbedaannya adalah :
    :local R1 “”
    :local R2 “”

    variable R1 dan R2 diinisialisasi dengan parameter “”. Karena kalau tidak, failover gagal.

    Saya coba konfigurasi di atas tan pa membagi group2 client. Langsung saja, failover dan loadbalancingnya jalan secara otomatis.

    Tapi anehnya, sekita saya membuat 3 WAN dengan ISP yang sama, dns suka macet. Sementara ini akhirnya di client disetting langsung ke DNS milik ISP.

    ALih – alih, saya coba buat masquerading untuk masing – masing group.

    —> Contoh NAT masquerading di firewall

    /ip firewall nat add chain=srcnat src-address=192.168.0.0/24
    action=masquerade

    /ip firewall nat add chain=srcnat src-address=10.0.0.0/24
    action=masquerade

    /ip firewall nat add chain=srcnat src-address=172.0.0.0/16
    action=masquerade

    Catatan :
    Kebetulan client dibagi menjadi 3 group.
    1. 10.0.0.0/24 -> LAN
    2. 192.168.1.0/24 -> HotSpot
    3. 172.0.0.0/16 -> HotSpot

    Mudah2an ada manfaatnya …

  43. need help mas..

    YM dan mirc saya sering putus2…

    saya pake double speedy..

    saya udah add ym mas😀

  44. Mau tanya saya orang baru, pengin tanya kenapa setiap saya merubah setting modem adsl ke bridge tidak pernah berhasil. Sekalian boleh kan tanya Gimana setting windows server 2003 dijadikan router dengan koneksi speedy modem disetting bridge

    Thanks


Leave a Reply

Categories

